5 Kuliner Lezat di Solo yang Wajib Kamu Coba

Warung Pecel Solo

Tempat wisata kuliner Solo yang kesatu ialah warung pecel Solo atau yang lebih terkenal dengan nama Warung Ndeso Resto. Warung ini begitu ngetop di Solo, sebab berbagai makanan tradisional yang disuguhkan. Berbagai makanan khas Solo tersaji di warung yang satu ini. Alamat Warung pecel Solo berada di Jl. Dr. Soepomo Nomor. 55 Mangkubumen Solo, Warung Pecel Solo dibuka dua kali tiap harinya: jam 08.00 Hingga 16.00, dan 18.00 – 22.00.
Nah, untuk hidangannya sendiri, ada yang istimewa di warung ini, yakni pecel ndeso (desa), nasi merah dicampur memakai daun bayam, daun kenikir, daun pepaya, kembang turi, serta jantung pisang ditambah sambel pecel yang rasanya manis-pedas. Warung Pecel Solo pun menawarkan beberapa macam minuman tradisional semacam Temu Lawak, Beras Kencur, Jahe Pandan, dan Kunir Asem Sirih, yang bisa disuguhkan dingin ataupun hangat. Bagaimana? Kamu berminat untuk mencicipinya? Yuk mampir saja ke warung ini ya.

Srabi Notosuman

Wisata kuliner Solo yang telah ngetop dari dulu salah satunya ialah Srabi Notosuma yang telah ada dari 1923. Untuk wisatawan ataupun warga lokal, rabi Notosuman yakni yang terbaik kabarnya. Jadi, bila kamu ke Solo jangan sampai tidak mencicipinya ya. Panganan yang dibuat dari kombinasi tepung beras serta santan, adonan srabi dimasak didalam cetakan di atas tungku-tungku kecil.
Srabi Notosuman mempunyai 2 macam rasa, polos serta coklat. Seporsi serabi polos terdiri dari 10 buah dihargai 20 ribu, sementara yang rasa coklat 25 ribu. Lumayan murah, ‘kan? Nah, tuk kamu yang bingung memilih camilan ataupun buah tangan ketika di Solo, bisa datang ke gerai Srabi Notosuman yang berada di Jl. Mohammad Yamin Nomor 28 ini.

Soto Gading

Tempat makan lezat di Solo yang berikutnya ialah soto Gading yang berada di Jl. Brigadir Jenderal Sudiarto Nomor. 75 Pasar Kliwon – atau lebih tepatnya di sekitar alun-alun selatan Keraton Solo – dapat menjadi pilihan tepat. Sebenarnya terdapat banyak pedagang soto ayam di Solo, tapi yang disini merupakan yang terbaik. Nasi serta mie soon serta suwiran daging ayam yang diguyur kuah bening kaya bau rempah ini di jamin bakal menjadikan pagi harimu makin bersemangat.

Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Kuliner Solo berikutnya dapat kamu coba di Warung Pecel Bu Kis. Sekilas memang Warung Pecel Bu Kis ini tampak sebagaimana warung-warung pecel yang lainnya. Tapi, warung pecel ini mempunyai satu hidangan unggulan: sambel tumpang. Mempunyai cita rasa gurih, manis, serta agak pedas, sambal tumpang enak dinikmati bersama nasi hangat ataupun bubur beras yang diimbangi bayam segar serta tauge. Paduan potongan tahu putih, tahu goreng, krecek, rempah-rempah serta ‘tempe busuk’ yang menjadi bumbu sungguh luar biasa enak. Warung Pecel Bu Kis buka tiap hari dari pukul 7 pagi sampai pukul 2 siang. Lokasinya pas di belakang Pengadilan Negeri Solo dan tidak jauh dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.

Cambuk Rambak Solo

Panganan lezat di Solo yang berikutnya ialah Cabuk rambak. Cabuk rambak adalah jajanan masyarakat Solo yang dapat kamu coba. Cabuk rambak pun amat cocok untuk hidangan makan pagi, makan siang atau malah untuk mengisi perut di malam hari. Panganan ini umumnya disuguhkan bersama pincuk (wadah yang dibuat dari daun pisang), cabuk rambak berisi atas ketupat yang dipotong tipis-tipis, sambal wijen, serta karak. Tiap pagi, ibu-ibu penjual cabuk rambak dapat dijumpai di daerah Stadion Manahan Solo.

4 thoughts on “5 Kuliner Lezat di Solo yang Wajib Kamu Coba”

Leave a Reply

Your email address will not be published.