4 Manfaat Sinar Matahari Buat Petani

Matahari adalah sumber energi mendasar bagi semua ciptaan Tuhan di bumi. Matahari adalah sumber energi panas tak ada batasan yang membuatkan peran penting didalam kehidupan semua ciptaan Tuhan di bumi. Matahari memiliki peran penting tuk kehidupan manusia, tumbuh-tumbuhan, hewan, juga mikroorganisme yang bentuknya tidak terlihat jika hanya dilihat oleh mata telanjang (tanpa bantuan alat). Dalam aktivitas manusia sehari hari, matahari atau lebih tepatnya sinar matahari memberikan manfaat didalam proses pengeringan, pemberian sumber tenaga listrik energi surya, tuk kesehatan tubuh, menghangatkan tubuh yang kedinginan, dan lain lainnya. Bagi tumbuhan, sinar matahari berfungsi didalam proses tumbuh dan fotosintesa. Hal ini jelas penting buat petani. Petani ingin memperoleh tumbuhan mereka mampu tumbuh dengan layak. Sehingga sinar matahari (Ultra Violet) memiliki manfaat dan fungsi utama dalam pertanian. Berikut ini beberapa manfaat yang sudah saya rangkum tentang manfaat sinar matahari buat petani:

Mengeringkan tanah
Tanah yang tadinya terlalu basah akan susah tuk diolah oleh setiap petani. Cahaya matahari menolong mengeringkan tanah ini, sehingga petani bisa dengan praktis menjadikannya ruang lingkup tanam. Sekian banyak jenis tumbuhan tumbuh dengan setingkat lebih subur di tanah yang tidak basah. Disamping itu, dengan tanah yang kering seperti ini petani bisa menanam biji bijian dengan tak sulit. Biji yang tertanam di tanah seperti ini juga akan terlepas dari risiko pembusukan lantaran kondisi yang lembab.

Fotosintesa tumbuhan
Tumbuhan membutuhkan cahaya matahari tuk menyokong proses fotosintesa. Fotosintesa berfungsi tuk tumbuhan bernafas, berkembang, menciptakan makanan dan menjadi wadah cadangan makanan. Hasil dari proses fotosintesa ini salah satunya ialah oksigen yang dimanfaatkan manusia saat sedang bernafas setiap harinya. Semakin bagus proses fotosintesa terhadap tumbuhan, maka akan makin baik pertumbuhannya dan hal itu akan memberi profit kepada petani. Petani tak perlu memberi zat – zat kimia berbahaya tuk meningkatkan pertumbuhan tanamannya jika proses fotosintesanya optimal untuk tumbuhan.

Menjaga temperatur tumbuhan
Sinar matahari pun membantu menyeimbangkan suhu temperatur tumbuhan. Dengan adanya cahaya matahari yang cukup, tumbuhan tentu lebih sulit membusuk pada keadaan lembab. Ini yang bakal mempertahankan tumbuhan masih hidup walaupun terkena air hujan berlebihan apalagi jika sedang ada didalam kondisi pancaroba. Jika tumbuhan bisa terus tumbuh dan hidup, petani pun akan senang dan nantinya bisa memperoleh hasil panen cukup banyak. Namun bila tumbuhan terlampau lembab dan membusuk lalu mati, hasil panen petani pun akan berkurang dan mereka semua tidak bisa tidur dengan nyenyak karena hasil panen tidak sesuai dugaan.

Memberikan warna pada tumbuhan
Sinar matahari didalam proses fotosintesa bisa meningkatkan klorofil yang memberi warna hijau kepada tumbuhan. Pada petani yang bercocok tanam sayur-mayur hijau, hal ini bakal memberikan warna hijau yang fresh dan bagus kepada tumbuhannya. Hingga sayuran itu selain terkandung khasiat nutrisi serta protein yang baik pun sangat menarik dari penampilannya yang terlihat fresh karena adanya cahaya matahari ini. Tumbuhan juga bakal tumbuh setingkat lebih tinggi, kian lebat, dan segera berbunga.

Matahari adalah sumber energi paling bagus untuk sistem dari proses pertanian. Matahari juga bisa digunakan untuk tenaga surya pembangkit listrik guna mesin yang menyalurkan air di sistem pertanian. Begitu banyak sekali manfaat matahari buat para petani dalam menyokong perkembangan tumbuhan dan pertanian. Bila tumbuhan tak mendapat cukup sinar matahari, kemudian akan mati ataupun dampak buruk minimnya pertumbuhannya lambat hingga hasil buah atau daun tidak berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.